Rabu, 22 November 2023

Kebersihan lingkungan sekolah

Kebersihan lingkungan sekolah 

Kebersihan di lingkungan sekolah sangat amat penting dalam memperlancar proses ngajar mengajar antara siswa dan guru. Kebersihan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kenyamanan antara guru dan siswa di sekolah.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersihan sekolah contohnya: tidak membuang sampah sembarangan, setiap kelas bergantian membersihkan lingkungan sekolah, melakukan piket kelas, dan masih banyak lagi.

Kebersihan dimulai dari diri sendiri yang artinya dalam lingkungan sekolah adalah kebersihan harus bersumber dari diri siswa terlebih dahulu. kebiasaan bersih pada diri akan membuat siswa lebih nyaman pada lingkungan nya yang bersih sehingga akan tercipta kenyamanan pada dirinya.

Kebersihan di lingkungan sekolah bukan hanya memberikan kenyamanan tetapi akan mengurangi rasio siswa terkena penyakit di sekolah seperti: diare,flu, dan demam, itu semua karena sekolah merupakan tempat kita menghabiskan sebagian aktivitas selain dirumah.

Kebersihan di sekolah tentu berdampak positif bagi siswa, siswa akan lebih berfikir positif dan maksimal dalam belajar. Semangat belajar yang tinggi dari siswa itu sendiri akan meningkatkan akademik serta pengetahuannya, yang dimana jika ada suatu perlombaan seperti olimpiade antar sekolah, siswa ini dapat memenangkan nya dan tentu akan menaikan nama sekolah dan guru guru yang mengajarnya dari prestasi yang didapatnya.

Kebersihan di lingkungan sekolah bukan hanya bermanfaat bagi siswa melainkan juga bagi guru,staf/pegawai,maupun kepala sekolah. Kebersihan juga dapat memaksimalkan kinerja dari guru maupun pegawai dan mengurangi terkena nya penyakit ketika mereka berada di lingkungan sekolah itu sendiri. 

Orang tua dan sekeliling siswa juga di untungkan jika siswa menanamkan kebersihan dalam dirinya, mereka akan lebih bangga dan senang ketika anak nya menjaga kebersihan. Itu juga berdampak bagi kerukunan di dalam keluarga, kebanyakan anak biasanya sering di marahi orang tua nya jika tidak menjaga kebersihan, dan semuanya itu akan dicegah ketika anak memiliki kebiasaan bersih pada diri nya.








Pernyataan Pencipta Artikel Ini:




Hyperlink:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar